Jumat, 21 September 2012

PERKENALKAN NAMAKU ' ERI '


eritrosit
Teman , perkenalkan namaku Eri ( lengkapnya Eritrosit ) .
Aku dilahirkan di Sumut ( Sumsum Tulang ) .
Rumahku sekarang di ci-Jantung , sebuah rumah mungil tapi kuat dan indah di pusat kota . Biarpun kecil rumahku memiliki 2 serambi dan 2 bilik dan istimewanya lagi rumahku mempunyai banyak pintu lho .
Eh tapi aku tidak bisa keluar masuk sembarangan lewat pintu-pintu tersebut . Kerennya lagi setiap pintu ada namanya , arteri
adalah pintu keluar , sedang  jika aku mau balik kerumah harus lewat pintu vena . Itupun masih ada saratnya , kalau aku pulang dari daerah atas aku harus masuk lewat vena atas ( vena kava superior ) dan kalau aku balik dari daerah bawah aku masuk rumah lewat vena bawah ( vena kava inferior ). Ibuku cerewet sekali , aku tidak boleh salah masuk . Huuuft . . .

Teman , dengarlah kisahku selanjutnya . . .
Suatu saat aku keluar rumah lewat pintu arpul ( arteri pulmonalis ) untuk main ke rumah bude Par ( paru-paru ) . Wah di rumah bude Par ada seorang cewek cantik namanya Oksi ( Oksigen ) . Wajahnya begitu segar berseri , kamipun saling tertarik , dan dengan cincin hemi bermata merah ( haemoglobin ) yang aku miliki , akupun melamarnya . Duuh bahagia sekali.     Oksi pun aku ajak pulang kerumah , aku masuk lewat lorong-lorong vena pulmonalis .
Hanya sebentar aku dirumah , aku dan oksi merencanakan perjalanan bulan madu . Kami keluar lewat jalan tol ( aorta ) , terus ke jalan arteri ,masuk gang arteriol dan melewati lorong kapiler yang sangat sempit , sungguh mengasyikkan , kami selalu berdekatan mesra .

Sayang kebahagiaanku tidak berlangsung lama ternyata Oksi bukanlah cewek setia . Setiba diujung lorong , dia bertemu dengan Marcel  ( sel ) , cowok yang memang lebih cakep dari aku . Oksi tak mau lagi kuajak pulang dia lebih memilih Marcel ( sel ) daripada aku , sakiiit rasanya putus dengan oksi yang cantik . 

Tapi ternyata Tuhan sayang padaku , putus dari Oksi aku segera mendapatkan ganti , seorang gadis yang baik walau tidak secantik dan sebersih gadisku yang lama , namanya Karsi ( CO2 / Karbondioksida ) . Akhirnya diapun kuajak pulang . Aku masuk rumah lewat pintu balik besar ( vena kava ) . 

Seperti biasa aku tidak tidak betah dirumah , Karsi ( karbondioksida ) aku ajak main ke rumah bude Par ( paru-paru ) . Tak disangka tak dinyana , di rumah bude Par aku bertemu kembali dengan Oksi ( oksigen ) gadisku yang cantik . Duuuuh clbk deh , cinta lama bersemi kembali Karsi pun sadar kalau aku tidak terlalu mencintainya , dia pun pergi menyingkir dariku selama-lamanya . Maafkan aku Karsi , aku yakin kau akan lebih bahagia diluar sana , di atmosfir biru . 

Begitulah teman kisah perjalananku , aku pun kembali menyusuri jalan kenangan bersama Oksi tercinta .


Catatan ilmiah :
Materi Biologi kl XI MIPA KD Sistem Peredaran Darah .

Salah satu fungsi dari eritrosit atau sel darah merah adalah mengangkut oksigen .Oksigen diangkut oleh darah dengan dengan cara diikat oleh haemoglobin .
Dari paru-paru , darah ( membawa O2 ) masuk ke atrium kiri jantung melalui vena pulmonalis , terus ke ventrikel kiri dan keluar dari jantung melalui aorta , diedarkan keseluruh tubuh melalui pembuluh arteri - arteriol dan kapiler hingga sampai ke sel atau jaringan . 
Oksigen yang dibawa oleh darah berdifusi masuk ke sel , sebagai gantinya CO2 dari sel akan dibawa oleh darah melalui kapiler vena - venula - vena - vena kava inferior dan vena kava superior masuk ke atrium kanan jantung , terus ke ventrikel kanan , keluar melalui arteri pulmonalis menuju ke paru-paru untuk melepaskan karbondioksidanya dan kembali mengikat oksigen untuk kemudian diedarkan lagi keseluruh tubuh .

Note : tunggu 'edisi biodata-ku ( biologi dalam cerita-ku ) berikutnya yaaa.....

2 komentar: