Selasa, 18 September 2012

gawaaat , kita dikepung polisi eeh polusi

( ditulis atas permintaan redaksi MEF )

 
Berangkat sekolah di pagi yang cerah , udara segar wiiih enak banget... Ee begitu naik angkot didalam sudah ada tiga orang polisi semuanya merokok sentlap-sentlup dengan nikmatnya tanpa peduli itu si asap dia sebarkan ke orang-orang disekitarnya . Udah gitu ee ada pak polisi juga yang ngrokok duduk di depan dekat sopir . Aduh ini pak polisi pagi-pagi ngangkot pada mau kemana sih ya . Mau bilang ‘matikan dong paaak rokoknya’...gak beranii , ya udah tahan napas aja deh ...
Lagi ngampet napas , tahu-tahu ada bus ( agak bodol udah tetanus alias karatan he he) nyalip terseok-seok dengan asap hitam keluar dari knalpotnya . Sabaar hampir sampai sekolahan lah...ee di sawah dekat pinggir jalan ada setumpuk jerami sedang dibakar asapnyapun kemana-mana menodai udara pagi. Waduuuh komplit banget penderitaan pagi ini...dikepung polisi dan polusi ...hiks .
Sahabat MEF , kalian pasti gak asing lagi dengan istilah polusi kan . Apa sih sebetulnya yang dimaksud dengan polusi ?. Coba jawab pertanyaan berikut ,
-  Kalau di lingkunganmu ada sungai , apakah airnya masih jernih atau keruh dan berbau ?
-  Pernahkah kamu melihat kolam yang penuh ditumbuhi eceng gondok ?
- Apakah lalu lintas di kotamu sudah sedemikian padat ( atau paling tidak seberapa banyak motor yang terparkir di sekolahmu ) ?.
- Apakah kamu merasakan udara sedemikian panas , bahkan saat hujanpun kita bisa berkeringat ?
Kalau sudah dijawab , coba diskusikan dengan temanmu dan definisikan apa arti polusi . Polusi bisa terjadi di lingkungan sekitar kita , baik di tanah , air maupun udara . Bahan-bahan penyebab polusi disebut polutan . Polutan bisa berupa bahan fisika , kimia maupun biologi .
         Polusi air bisa disebabkan oleh banyak hal . yang paling umum adalah dari limbah rumah tangga . Sungai dianggap sebagai bak sampah raksasa , lihat saja banyak orang yang dengan seenaknya buang sampah di sungai tanpa rasa bersalah sama sekali ( prihatin.com ) . Air bekas cucianpun dibuang begitu saja kesungai , hasil defekasi atau faeces juga tidak ditampung di septictank tapi langsung diluncurkan ke sungai ( bayangkan jika musim kemarau , hoooek deh ).
Lebih parah lagi banyak pabrik yang membuang limbahnya langsung kesungai tanpa pengolahan terlebih dahulu . Pencemaran air juga disebabkan dari lahan pertanian . Lo kok bisa ?. Ya , sisa pestisida dan sisa pupuk yang jatuh ketanah bisa terbawa air dan masuk ke sungai atau kolam menimbulkan eutrofikasi ( ayo , cari dibuku apa yang dimaksud dengan eutrofikasi ). Akibat dari semuanya itu , air sungai , kolam , bahkan air tanah tercemar dan tidak layak digunakan lagi , organisme perairan terganggu kehidupannya . Bisakah kamu bayangkan bumi tanpa air ?? . Oh nooo...
        Polusi air tak bisa dipisahkan dari polusi tanah . Semua polutan air bisa menjadi polutan tanah begitu pula sebaliknya . Tanah yang sudah tercemar tentu saja akan menurunkan fungsi ekologisnya . Tanah menjadi keras , tandus , unsur hara menghilang , akibatnya tanaman tidak bisa tumbuh , air tanahpun ikut tercemar . Siapa yang rugi ?? .
     Nah yang berhubungan dengan cerita diawal tulisan ini adalah polusi udara . Bahan pencemar di udara antara lain oksida karbon ( CO , CO2 ) , oksida nitrogen ( NO , NO2 ) , oksida sulfur ( SO2 , SO3 ) , persenyawaan hidrokarbon ( CH4 ) , penggunaan CFCs ( Chlorofluorocarbons ) , partikel padat seperti debu , asbes , timbal dll . Semua itu menyebabkan berbagai hal misal , terjadinya efek rumah kaca karena CO2 ( panas bisa masuk tapi gak bisa keluar , jadinya kita seperti di oven deh ) , rusaknya lapisan ozon oleh CFCs akibatnya sinar ultraviolet lolos masuk ke bumi ( bisa menyebabkan kanker kulit lho ) , selain itu senyawa” oksida bisa menyebabkan hujan asam ( walah hujan air saja kadang merepotkan apalagi hujan asam yaa..) . Hujan asam akan merusak tanaman , hewan , karat pada besi dan juga menggerus bangunan . Penyumbang utama polusi udara adalah pembakaran bahan bakar fosil seperti batu bara dan minyak bumi yang digunakan sebagai bahan bakar di pabrik dan kendaraan bermotor. Juga dari pemakaian refrigerator , AC , hairspray dsb .
      Bagaimana dengan asap rokok ? Termasuk polutan apa bukan sih ? Ho hoo...tentu saja . asap rokok mengandung CO ( karbon-monoksida ) dan Tar . Celakanya daya ikat Hb ( haemoglobin ) terhadap CO lebih tinggi dibanding terhadap O2 . Hayoo apa yang akan terjadi jika udara yang kita hirup mengandung CO dan O2 ? Tentu saja oksigen ( O2 ) akan kalah bersaing dengan karbonmonoksida ( CO ) dalam hal menarik perhatian Hb . Padahal CO adalah racun bagi tubuh kita , dan bayangkan jika kita tidak mendapat oksigen dalam 4 menit saja sel-sel otak akan rusak , tubuh membiru dan ...ooh nooo . Sedangkan Tar adalah komponen dalam asap rokok yang bersifat karsinogen ( menyebabkan kanker ) . Walah walaaah...
     Karena itu  sahabat MEF ayo kita jaga lingkungan kita . Bicara tentang lingkungan gak usah terlalu jauh sampai ke mencairnya kutub utara , gak usah bermimpi terlalu tinggi untuk merubah dunia . Lihat saja lingkungan sekitar kita , bersihkah , sehatkah ? Lihat juga diri kita sendiri , apa kontribusi kita terhadap lingkungan sekitar ? Sudahkah tindakan kita selama ini mencerminkan pribadi yang sadar akan lingkungan ?
Dalam pergaulan selalu ada aturan atau etika yang harus diperhatikan . Demikian pula bergaul dengan lingkungan haruslah menggunakan etika , ingat :
-    Manusia bukan sumber dari semua nilai . Kita adalah bagian dari lingkungan . Jika kita menyayangi diri kita , sayangi pula kehidupan dan lingkungannya ( biotik maupun abiotik ).
-    Lingkungan tidak disediakan hanya untuk manusia , tapi untuk semua jenis kehidupan . Jadilah pribadi yang mau berbagi dengan semua makhluk ( manusia , hewan , tumbuhan )
-    Sumber daya alam , sumber bahan dan energi jumlahnya terbatas , bijaksanalah dalam   pengelolaan dan pemakaiannya .
-   Koreksi diri sendiri , adakah tindakan kita yang menyebabkan menurunnya kualitas lingkungan ?
-  Libatkan diri secara emosional untuk ikut memelihara lingkungan sekitar menjadi lingkungan yang sehat dan menyenangkan .
-     Jangan hanya berencana , mulailah bertindak , awali dari lingkungan terdekatmu .
So , pelihara  lingkunganmu , dan bagikan inspirasimu untuk satu bumi kita  .... be green for clean .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar