Senin, 10 Desember 2012

petualangan 3 sahabat ( ini cerita tentang pencernaan makanan... )

Waduuuh kita terjebak di gua niih, terdengar jerit tiga sahabat dari dalam mulut . Mereka adalah karbohidrat , protein dan lemak ,tiga zat makanan utama yang harus selalu ada dalam bahan makanan kita .

Ya mereka semua baru saja masuk ke goa yg gelap , dengan stalaktit ( gigi atas ) dan stalakmit ( gigi bawah ) di sepanjang tepinya . Mereka pun basah oleh cairan yang dikeluarkan kelenjar saliva , tidak hanya itu , tubuh mereka mulai digilas , dihancurkan , diremukkan karena lantai mulut mulai bergerak keatas , tak pelak lagi stalaktit ( gigi atas ) dan stalakmit ( gigi bawah ) mulai beradu ...duuuh bakalan hancur kita semua...teriak mereka bertiga ...

Tidak hanya diremukkan , merekapun dilempar kesana kemari oleh lidah wooow..
Dari ketiga zat makanan tersebut , proses penghancuran paling parah terjadi pada karbohidrat . Cairan ludah yang dikeluarkan oleh kelenjar parotis ternyata mengandung enzim ptyalin ( amylase mulut ) pemecah karbohidrat . Karbohidrat yang tadinya berupa senyawa polisakarida ( amilum ) yang kompleks  diuraikan menjadi maltosa ( disakarida ) . Tapi proses itu hanya terjadi kalau kita mengunyah secara sempurna . Nah masalahnya adalah apakah kita sudah mengunyah makanan kita dengan sempurna ? Banyak diantara kita yang tak sabar mengunyah makanan di mulut . Bahkan kadang makanan langsung ditelan tanpa sempat mengunyah . terus si karbohidrat lolos deh ke lambung tanpa tercerna .

Bagaimana dengan protein dan lemak ? Dimulut mereka hanya sekedar dicerna secara mekanis , mereka dihancurkan dan kemudian masuk ke lambung juga .

Lambung , ternyata organ yang lebih dahsyat lagi . Lambung memiliki dinding dengan tiga lapisan otot . Makanan masuk ke lambung melalui kerongkongan . Di lambung mereka akan disemprot asam chloride ( HCl ) yang berfungsi sebagai desinfektan pembunuh kuman ( siiip ) . Mereka juga akan dicerna secara mekanis , dihancurkan , dihaluskan akibat kontraksi otot-otot lambung yg sedemikian kuat . Tanpa ampun mereka semua dihancurkan hingga menjadi bubur makanan ( khime ) . HCl juga berfungsi mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin . Enzim pepsin berfungsi mengubah protein menjadi pepton . Selain itu khusus untuk bayi terdapat enzim renin yang berfungsi menggumpalkan kasein susu .

Dari lambung mereka akan masuk ke usus , dimulai dari usus 12 jari atau duodenum . Disini terdapat berbagai macam enzim yang berasal dari pankreas . Kelenjar pancreas yang menempel disisi luar lambung memberi kontribusi yang sangat penting dalam proses pencernaan makanan . kelenjar ini menghasilkan enzim lipase yang mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol , amylase mengubah amilum menjadi maltosa , tripsin mengubah protein menjadi peptida .  
Bagaimana dengan hati , ternyata hati juga berperan lho...hati mengeluarkan cairan empedu yang berfungsi membantu daya absorpsi lemak pada dinding usus .. 

Dari duodenum makanan akan diteruskan ke usus halus ( jejunum dan illium ) . Keseluruhan proses pencernaan akan disempurnakan di usus halus . Disini terdapat berbagai macam enzim . Enzim maltase mengubah maltosa menjadi 2 mol glukosa , sakarase mengubah sukrosa menjadi fruktosa dan glukosa , laktase mengubah laktosa menjadi galaktosa dan glukosa .  
He he he jadi gak usah khawatir , bagi kalian yang tidak mengunyah karbohidrat secara sempurna dimulut maka prosesnya akan disempurnakan di usus . ( Ini jelas karena Tuhan Maha Tahu bahwa manusia gak akan sabar mengunyah makanan dimulut dan tau bahwa karbohidrat gak akan pernah tercerna sempurna dimulut , karena itu Dia memberi fasilitas lagi di usus untuk menyempurnakan pencernaan karbohidrat…supeer sekali ).
Di usus halus juga terdapat enzim erepsin yang akan mengubah pepton menjadi asam amino , serta lipase yang akan mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol . dan masih ada beberapa enzim yang lain yang bekerja di usus halus ( baca buku yaaa.... )


Hasil dari keseluruhan pencernaan tiga zat makanan ini masuk ke usus penyerapan ( illium ) . Setelah bersama-sama terjebak di gua mulut dan saluran yang gelap , mereka bertiga berpisah . Karbohidrat tercerna menjadi monosakarida , protein menjadi asam amino dan lemak menjadi asam lemak serta gliserol . Mereka siap berpindah tempat , berdifusi masuk ke pembuluh darah ( untuk monosakarida  dan asam amino ) serta masuk ke pembuluh limfe untuk asam lemak dan gliserol . 

Mereka akan diangkut dan dihantarkan masuk ke setiap sel tubuh kita , ya meski jalan mereka berbeda ternyata tujuan mereka sama yaitu sel tubuh kita . Karbohidrat dan lemak membuat kita kuat berenergi , protein membuat kita tumbuh . Itulah akhir petualangan tiga sahabat yaitu karbohidrat , protein dan lemak , tiga zat makanan utama yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita .

Eeeh bagaimana dengan ampas makanan yang tidak tercerna ? Mereka melanjutkan perjalanan ke usus besar . Ampas ini masih encer , masih banyak mengandung air , dan karena air merupakan senyawa penting bagi tubuh , tentu sayang banget kalau harus dibuang begitu saja . Nah di usus besar air yang terdapat pada ampas makanan ini akan diserap oleh tubuh kita , akibatnya ampas makanan menjadi lebih padat dan keluar melalui anus sebagai faeses …
Oke..... selesai dah ceritaku tentang petualangan mereka .

Tunggu cerita berikutnya yaaa….

TUGAS
Buat rangkuman proses pencernaan makanan ( kalian bisa membuatnya dalam bentuk skema , tabel , gambar , mind map atau dalam bentuk komik )
Oke.. ? selamat mengerjakan

2 komentar: