Kamis, 18 Juli 2013

Alur rancangan pembelajaran dan contoh silabus biologi kl x kurikulum 2013

Kurikulum 2013 mulai diberlakukan tahun ajaran baru 2013-2014 di beberapa sekolah sasaran . Utk SMA hanya 3 mapel yang sudah dilatih atau mengikuti diklat implementasi kurikulum 2013 .Karenanya guru mapel lain yang sama sekali belum mendapatkan pelatihan wajarlah kalau mengalami kebingungan tentang bagaimana implementasi kurikulum 2013.
Dari beberapa sumber dan dari hasil googling untuk bisa lebih memahami kurikulum13 , saya mencoba memahami alur dalam membuat rancangan pembelajaran .

 "Alur rancangan pembelajaran dalam Kurikulum 2013 ( berdasar pemahaman saya , mohon masukan dan koreksi jika ada yg kurang tepat )"
Dalam proses perancangan pembelajaran alur yang digunakan bermula dari KD KI-3 dikembangkan menjadi indikator dan tujuan pembelajaran untuk mendapatkan pemahaman PENGETAHUAN . Kmd pengetahuan yg diperoleh DIAPLIKASIKAN DLM PEMBENTUKAN KETRAMPILAN melalui KD KI-4. Dari KD KI-4 dikembangkan ke indikator dan tujuan pembelajaran utk memperoleh KETRAMPILAN
Pengembangan KD KI-3 dan KD KI-4 diharapkan dapat memberikan dampak terhadap terbentuknya KD pada KI-2 dan KI-1.

Setelah KD KI-3 dan KD KI-4 dianalisis, kemudian diturunkan materi yg relevan dan rancangan skenario pembelajaran termasuk penugasan dan penilaian . Berdasarkan aktivitas belajar dan penugasan tersebut dirancang indikator KD pada KI-1 dan KD KI-2
Jadi pengembangan sikap sosial dan sikap spiritual ( KI 2 dan KI1 ) tidak diajarkan tersendiri, melainkan terintegrasikan dan merupakan dampak dari proses pengimplementasian KI-3 dan KI-4.

Berikut adalah contoh silabus biologi kelas X yg saya dapatkan berdasar Kurikulum2013 ( tentunya pengembangan bisa disesuaikan dg situasi dan kondisi sekolah masing" )
Bagi semua rekan guru mari kita terus belajar untuk bisa menjadi guru yang lebih baik dan lebih kompeten . Semangaaaat...

2 komentar:

  1. mau buka tuh contoh kok gak bisa muncul ya? dimana yang salah langkahnya.
    maklum baru blajaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. di klik aja yg link warna kuning itu pak , muncul kok , sy pakai fasilitas google drive utk menyimpan filenya

      Hapus