Banyak yang masih bingung apa beda problem based learning
(pembelajaran berbasis masalah) dan project based learning (pembelajaran
berbasis projek), bukankah bagaimana menghasilkan produk dalam projek juga
merupakan masalah? Ada juga yang menyamakan keduanya. ada juga yang menyatakan
bahwa project based learning seharusnya digunakan untuk pembelajaran
individual, sementara problem based learning dalam kelompok kecil.
Namun demikian, saya sendiri leb ih sepakat dengan Savin-Baden (2003) yang tidak membandingkan keduanya dalam kerangka mana yang lebih efektif untuk pembelajaran akan tetapi bagaimana rencana pembelajaran atau kurikulum disusun untuk kedua pendekatan pembelajaran tersebut.
Perbandingan yang dilakukan oleh Savin - Baden (2003) adalah sebagai b erikut.
Namun demikian, saya sendiri leb ih sepakat dengan Savin-Baden (2003) yang tidak membandingkan keduanya dalam kerangka mana yang lebih efektif untuk pembelajaran akan tetapi bagaimana rencana pembelajaran atau kurikulum disusun untuk kedua pendekatan pembelajaran tersebut.
Perbandingan yang dilakukan oleh Savin - Baden (2003) adalah sebagai b erikut.
Komponen
|
Project
based learning
|
Problem
based learning
|
focus
|
Diharuskan menghasilkan produk
dalam bentuk laporan atau desain
|
Tidak harus menghasilkan produk
|
Peran
guru/tutor
|
supervisor
|
Fasilitator
|
Pemecahan
masalah
|
Siswa diharuskan menghasilkan
solusi atau strategi untuk memecahkan masalah
|
Pemecahan masalah merupakan salah satu
bagian dari proses bukan fosus dalam manajemen masalah
|
Pemberian
materi pelajaran
|
Dalam bentuk berbagai macam tipe
pembelajaran diberikan sepanjang projek
|
Difokuskan pada pembelajaran siswa
sendiri. ceramah juga digunakan untuk mendukung belajar siswa bukan hanya
memberi arah belajar
|
Peran
siswa
|
Siswa terlibat dalam pemilihan
projek (kadang-kadang dari daftar yang sudah ditentukan)
|
Siswa mungkin memilih skenario
masalah walaupun biasanya masalah disampaikan oleh guru. Siswa harus mendefinisikan
apa dan bagaimana mereka belajar
|
Posisi
dalam pembelajaran
|
Sesudah siswa menguasai semua
materi.
Dianggap sebagai mekanisme untuk
menyampaikan beberapa materi dalam satu aktivitas
|
Digunakan untuk memahami materi.
Didasarkan pada premis bahwa
pembelajaran terutama akan terjadi pada lintas disiplin termasuk pada awal
pembelajaran
|
Peran
kelompok
|
Ada untuk menyelesaikan projek
|
Harus bekerja sama selama proses
pembelajaran dan kerja tim merupakan komponen pembelajaran
|
Yang membedakan model model pembelajaran satu dengan yang lain adalah sintaknya .
(
to be continued )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar