Kamis, 25 Oktober 2012

betapa mengagumkannya organ tubuh kita



Paru” kita terbentuk dari jutaan gelembung alveolus yg bila semua alveolus tsb dibuka dan dibentangkan dengan rata luasnya setara dg lapangan tenis .

Mengapa daun telinga terbentuk dari tulang rawan . Pernahkah kamu bayangkan bagaimana jika daun telinga kita terbentuk dari tulang keras . Apakah kamu masih bisa tidur nyenyak miring kanan  atau miring kiri ?

 Jantung berdenyut krg lbh 70x permenit , berarti dalam setahun jantung akan berdenyut memompa darah sebanyak 36.792.000x . Berapa usia kamu skrg ? Hitung brp kali sdh selama ini jantung kamu berdenyut ?  Misal usia kamu skrg  20th maka jantung sdh berdenyut sebanyak 735.840.000x ( hampir 1 milyar kali ) , dan kamu akan terus memacunya hingga jantung tidak sanggup lagi melaksanakan tugasnya .

Bagian terpenting dari ginjal kita adalah bagian yg disebut nefron , yaitu struktur yg terdiri atas badan malpighi dan tubulus . Terdapat kurang lebih 1 juta nefron pada setiap ginjal . jika seluruh tubulus atau saluran nefron tersebut direntangkan dan disambung maka bisa mencapai panjang kurang lebih 10km . Woow...
Ginjal mampu mencuci darah dengan kecepatan 1,2 liter/menit . Volume darah kita kurang lebih 5 liter , berarti hanya dalam waktu 5,2 menit seluruh darah dalam tubuh kita tercuci oleh ginjal .
Penderita gagal ginjal harus dibantu mesin hemodialisa untuk mencuci darahnya dan sekali cuci darah membutuhkan waktu sekita 4 jam . Ternyata mesin canggih buatan manusia kalah jauh dlm hal  efektifitas kerja dibanding dg ginjal  kita yg ukurannya tak lebih dari 5-7cm.

2 komentar:

  1. udara abadi di dalam paru-paru yang kita hirup sewaktu pertama kali bernapas :D

    BalasHapus